Breaking News
Membaca adalah Pelita Ilmu Pengetahuan
Kamis, 30 Januari 2014

Kiat Sukses Menghadapi SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI 2014

 
sukses sbmptn
Teman " dibawah ini ada beberapa motivasi serta tips dari kakak kelas kalian yang telah LULUS SNMPTN agar kalian bisa turut sukses...semoga bermanfaat ya …

Kiat Sukses Masuk PTN
Di awal semester genap, biasanya siswa kelas 12 akan mulai bingung mengenai masa depannya. Beruntung bagi mereka yang sudah mempunyai target diawal dan telah merencanakannya dengan baik. Namun masih banyak sekali yang bingung dengan apa yang harus mereka lakukan setelah menyelesaikanSMA. Kuliah? kerja? atau menikah? haha saya sarankan opsi ketiga jangan dulu dipilih. Untuk kerja…..bolehlah. Cuma bayangkan jika dengan kuliah, kamu dapat menambah kompetensi yang kamu miliki dan alhasil daya saingmu di dunia kerja setelah lulus kuliah nanti akan semakin meningkat.

Nah jadi sudah membulatkan tekad untuk kuliah? sudah tahu mau masuk jurusan apa di universitas mana? Kalau begitu, berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan agar dapat masuk ke jurusan dan PTN yang kalian inginkan.

1. Tentukan tujuanmu!
Hidup itu harus punya tujuan. Iya gak? Terus tujuan kita hidup itu apa sih? Sudah jelas, tujuan kita hidup adalah mati. Nah, keputusannya ada di tanganmu. Apakah kamu akan menghabiskan waktumu di dunia yang singkat ini dengan baik atau malah sia-sia. Kadang masih ada siswa yang bingung dengan jurusan apa yang akan mereka pilih untuk kuliah. Padahal saat sudah menginjak kelas 12, seharusnya mereka sudah fokus untuk mengejar apa yang mereka mau. Tapi yang masih bingung bagaimana? Jangan khawatir, kamu bisa pilih jurusan yang kamu mau berdasarkan cita-cita, minat atau bakat yang kamu punya. Ingin jadi dokter? Pilih jurusan kedokteran! Ingin jadi arsitek? Pilih jurusan arsitektur! Terus gimana kalau yang masih bingung sama cita-citanya? Gampang, pilih jurusan yang sesuai dengan minat kamu. Suka memperhatikan tingkah laku orang lain? Pilih jurusan psikologi! Suka dengan hitung-menghitung dalam matematika? Pilih jurusan matematika! Atau kalau masih bingung juga minatnya dimana, lihat bakat yang kamu punya. Merasa memiliki kemampuan di bidang yang berbau dengan mesin? pilih jurusan teknik mesin! Kata teman-teman kamu itu jago menggambar? pilih arsitektur! Simple kan? Terkadang kebingungan yang kalian alami justru kalian juga lah yang membuatnya. Jangan menyusahkan diri sendiri ya


Jangan lupa ketika kamu membuat suatu tujuan besar yang merupakan cita-citamu, buatlah tujuan-tujuan kecil yang akan membantumu menggapai cita-cita yang kamu punya. Misalnya, kamu ingin menjadi dokter di Amerika Serikat. Terasa berat bukan? Nah kamu bisa buat beberapa tujuan kecil yang bisa meringankan tujuan besarmu itu. Setelah lulus SMA, jangan langsung tujuanmu ingin jadi dokter di Amerika. Kamu pasti akan beranggapan kalau hal tersebut susah. Iya kan? Mulailah dengan tujuan kecil pertama, yaitu lulus UN dengan nilai yang memuaskan. Tujuan kecil yang kedua, lulus SNMPTN atau SBMPTN ke Fakultas Kedokteran UI. Tujuan kecil yang ketiga, lulus dari FKUI. Tujuan kecil yang keempat, mendapat beasiswa S2 di Amerika. Tujuan kecil yang kelima, lulus S2 di Amerika. Nah ketika kamu sudah bisa menapaki tujuan-tujuan kecil tersebut satu persatu dan kamu sudah ada di tahap lulus S2 di Amerika, bukankah sangat mudah bagimu untuk menggapai cita-citamu, yakni menjadi dokter di Amerika?

Maka dari itu, tentukan tujuanmu dari sekarang. Kamu mau jadi apa? Cita-citamu apa? Minat kamu ada dimana? Bakat kamu apa? Gantungkan hal tersebut setinggi langit. Bahkan harus lebih tinggi daripada langit! Jangan takut untuk jatuh dari tempat yang terlalu tinggi. Jika ingin masuk fakultas kedokteran, ya silahkan kejar jurusan tersebut. Jika cita-citamu ingin menjadi seorang pilot, masuklah ke sekolah penerbangan. Se-sederhana itu jika kamu menyadari bahwa jalan hidupmu ada di tanganmu sendiri.

Jadi, masih ada yang bingung mau masuk jurusan apa? Ayo pikirkan cita-cita, minat atau bakat yang kamu miliki


2. Buatlah rencanamu sendiri!
Sekali lagi, jalan hidupmu ada di tanganmu sendiri. Kamu bebas untuk menyusun segala rencana yang akan kamu tempuh untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang sudah kamu gantungkan. Namun tetap, keputusannya ada di tangan Tuhan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa semaksimal mungkin. Oleh karena itu, buatlah rencanamu sendiri. Kenapa? Karena yang lebih mengetahui tentang dirimu adalah dirimu sendiri, bukan orang lain. Jika kamu ingin masuk ke fakultas kedokteran UI, maka mulailah merencanakan hal-hal yang akan membantumu untuk masuk ke fakultas tersebut. Misalnya, kamu dapat masuk ke fakultas kedokteran UI program S1 Reguler lewat 3 jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI. Buatlah rencana di setiap jalur masuknya. Untuk SNMPTN, buatlah target agar nilai raportmu selalu naik mulai dari semester 1 hingga semester 5 di SMA. Selain itu, perbanyak prestasi kamu agar dapat dijadikan tambahan nilai untuk kamu. Begitupun dengan SBMPTN dan SIMAK UI, kamu harus mempunyai target. Misalnya dalam satu minggu kamu harus dapat menyelesaikan soal-soal SBMPTN atau SIMAK UI di tahun tertentu (2012 dan 2013 misalnya). Semakin banyak rencana-rencana yang kamu buat, maka semakin besar peluangmu untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Karena ingatlah bahwa “Banyak jalan menuju Roma”. Itu berarti banyak cara yang dapat kamu tempuh untuk menuju cita-citamu. Karena jika kamu hanya fokus pada satu jalan, maka ketika kamu gagal atau terhambat, kamu akan kesulitan untuk mencari jalan lainnya atau bahkan bisa langsung menyerah.

3. Persiapkan dirimu!
Ketika kamu sudah menentukan apa cita-citamu, bagaimana kamu akan mencapainya, maka langkah yang selanjutnya adalah persiapkan dirimu. Kenapa harus siap-siap? Emangnya mau pergi kemana? Analoginya, ketika kamu akan berpergian dengan jarak yang jauh, maka hal yang harus kamu lakukan salah satunya adalah persiapan, mulai dari pakaian, uang, makanan, dll. Begitupun dengan perjuangan untuk kuliah di jurusan yang kamu inginkan. Perjuangan ini sangat melelahkan dan jauh sekali. Pikiran dan tenagamu pasti akan terkuras habis saat bersaing dengan ratusan ribu calon mahasiswa lain dari seluruh penjuru Indonesia.

Bukan hanya di jalur SNMPTN, tapi juga jalur lainnya seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri. Perbanyaklah prestasi dan tingkatkan nilai-nilaimu sejak awal masuk SMA apabila target kamu adalah masuk PTN melalui SNMPTN. Belajarlah yang rajin dan giat, serta perbanyak latihan soal apabila kamu ingin masuk PTN melalui SBMPTN. Begitupun dengan jalur masuk lainnya. Harus ada persiapan disetiap rencana yang kamu buat.

Bagaimana cara mempersiapkan diri yang baik? Tentunya kamu harus mempunyai pengaturan waktu atau yang biasa disebut time management. Prinsip membuat time management yang baik adalah adil dan konsisten. Adil maksudnya kamu dapat menempatkan atau meletakkan semua kondisi pada tempat yang seharusnya. Misalnya saat jam belajar, ya kamu belajar. Waktunya istirahat ya istirahat, main ya main, makan ya makan, ibadah ya ibadah. Jangan pernah menggunakan waktu belajarmu untuk main, waktu mainmu untuk belajar, dsb. Karena selain belajar, diri kita pun perlu mendapatkan hiburan, perlu berinteraksi dengan masyarakat dan Tuhan, perlu mendapatkan asupan nutrisi, dll. Nah poin pentingnya adalah, time management setiap orang bisa berbeda-beda. Saya misalnya belajar saat jam 2 pagi hingga subuh. Waktu belajar saya belum tentu cocok untukmu. Disinilah yang perlu ditekankan, bahwa waktu yang kamu persiapkan untuk melakukan aktivitasmu harus sesuai dengan keinginan dan kondisi kamu. Ketika kamu merasa efektif belajar saat sore hari, ya buatlah sore hari itu waktumu untuk belajar. Setelah menentukan waktu-waktu aktivitasmu sendiri, barulah kamu harus memegang prinsip yang kedua, yakni konsisten. Kamu harus menjalani time management yang telah kamu buat secara berkelanjutan. Namun apabila kamu dalam keadaan terdesak dan harus mengubah time management-mu untuk sementara waktu, ya tidak apa-apa. Intinya fleksibel boleh, namun harus tetap konsisten.

“Jika kamu gagal mempersiapkan diri, maka sama saja kamu mempersiapkan dirimu untuk gagal" - (Hanindio, 2014).
sbmptn

4. Lakukan yang terbaik!
Setelah semua tahapan diatas sudah kamu lakukan, mulai dari menentukan pilihanmu, menyusun rencana-rencanamu dan mempersiapkan segala hal untuk mendukung rencanamu, maka yang harus kamu lakukan adalah lakukan yang terbaik saat hari H. Percayalah bahwa apa yang telah kamu lakukan sejak awal akan membantumu untuk dapat menyelesaikan segala sesuatunya dengan baik. Apabila kamu mendaftar SNMPTN, maka lakukan yang terbaik dengan memasukkan nilai raportmu dan bukti prestasimu dengan semangat, tanpa takut jika saingan-sainganmu pun sedang memasukkan nilainya saat itu. Jika kamu mendaftar SBMPTN, maka kerjakan soal-soal ujian dengan yakin dan teliti. Percayalah setiap langkah dan rumus yang kamu gunakan ketika mengerjakan soal akan membawamu ke dalam jawaban yang benar. Begitupun ketika kamu menghadapi ujian-ujian tulis lainnya.

“Do your best and you will get the best!”

5. Berdoa!
Dan langkah yang terakhir adalah, berdoa. Bisa juga teman” baca The Great Success : Butuh Intervensi Allah. Ya, semua aktivitas yang kamu lakukan, langkah yang kamu gunakan tidak akan berarti apa-apa jika tidak diridhai oleh Tuhan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu meminta diberikan yang terbaik oleh Tuhan, baik itu kelancaran dalam mengerjakan soal, kelancaran dalam memasukkan nilai raport dan bukti prestasimu, dll. Jangan lupa untuk selalu meminta doa dari orangtua kalian, karena doa orangtua yang baik bagimu in syaa Allah akan dikabulkan oleh Tuhan. Berdoalah ketika sebelum dan sesudah memasukkan nilai, mengerjakan soal-soal ujian, dll. Memintalah kepada Tuhan agar dimudahkan untuk menggapai cita-cita yang kamu inginkan. Bukankah Tuhan selalu mengabulkan permintaan hambaNya yang berusaha dan berserah diri?

Itulah kelima langkah yang bisa kalian tempuh untuk dapat sukses masuk PTN atau bahkan sukses menuju cita-cita kedepannya. Intinya, hidupmu ada di tanganmu sendiri. Saya disini hanya bisa memberikan saran, pengalaman dan motivasi untuk kalian agar bisa mencapai apa yang kalian impikan. Selamat menempuh jalan kalian masing-masing dan semoga sukses! 

Yang lagi galau pengend mencari program studi yang bagus, bisa dikunjungi alamat di bawah ini, kita bisa tau akreditasi tiap prodi A/B/C terUPDATE  , Bisa di-CHECK disini

Selamat Mencoba---
Fighting !




























Comments
0 Comments

0 Komentar:

Posting Komentar

Leave A Reply

Copyright © 2012 Seputar Pendidikan Kita.com All Right Reserved
Designed by CBTblogger
http://www.freesearchenginesubmission.infocliquez pour infos