Breaking News
Membaca adalah Pelita Ilmu Pengetahuan
Selasa, 28 Januari 2014

Belajar Secara Natural, Homeschooling Aja ...

Bagaimana cara kita menjalani kegiatan sehari-hari? Apakah kita menjalani kegiatan yang bernama matematika, bahasa, IPA, IPS? Tentu saja tidak. 



http://khairuljawad.blogspot.com/2014/01/belajar-secara-natural-homeschooling-aja.html

Sehari-hari, kita melakukan kegiatan-kegiatan beragam yang melintasi batas-batas mata pelajaran sebagaimana yang diajarkan di sekolah. Berbelanja misalnya, kita melakukan perjalanan menuju pasar (geografi), berkomunikasi dengan penjual (bahasa), memilih sayuran dan bahan yang akan kita beli (IPA), mengamati barang dan peristiwa di pasar (IPS), melakukan transaksi jual-beli (matematika), dan sebagainya. Banyak pengetahuan dan pelajaran yang terlibat di dalam kegiatan kita sehari-hari yang kelihatannya sederhana dan berjalan otomatis tersebut. 


Agar kegiatan keseharian dapat menjadi pengetahuan, yang dibutuhkan adalah membawanya ke alam sadar dan di dalam sebuah proses yang terencana dan berjenjang.

Belajar menggunakan tema tertentu (thematic learning) atau juga biasa disebut belajar menggunakan unit studies, adalah model belajar anak yang menggunakan tema/topik tertentu menjadi pintu masuk untuk proses pembelajaran. Berdasarkan tema/topik yang dipilih, anak belajar berbagai hal lintas-pelajaran.

Belajar tematik adalah salah satu model belajar yang disukai oleh para praktisi homeschooling. Model belajar ini sangat natural karena berjalan seperti kehidupan sehari-hari. Anak-anak biasanya juga menikmati proses belajar tematik karena berangkat dari tema/topik yang mereka sukai dan dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.


Karena berangkat dari minat dan kesenangan anak, proses belajar dengan cara tematik biasanya memiliki efektivitas yang tinggi. Anak cepat menangkap informasi dan pengetahuan karena mereka terlibat dengan tema yang sedang dibahas. Apalagi kalau belajar tematik itu dikembangkan dengan kreativitas sehingga proses belajarnya tidak hanya dengan buku, tetapi juga dengan ketrampilan, proyek, games, kegiatan keluar (field trip) yang berhubungan dengan tema yang sedang dipelajari.

Salah satu peluang pengajaran tematik adalah untuk proses belajar di komunitas yang memiliki anak-anak dengan usia beragam. Dengan sebuah tema tertentu, anak-anak dapat belajar dan melakukan kegiatan bersama. Benang merah kegiatannya sama, tetapi kompleksitas sasaran belajar dapat disesuaikan dengan usia anak. 

http://khairuljawad.blogspot.com/2014/01/belajar-secara-natural-homeschooling-aja.html

Salah satu tantangan dalam proses belajar tematik adalah kompleksitasnya yang tinggi dibandingkan belajar konvensional menggunakan buku pelajaran. Banyak persiapan yang harus dilakukan orangtua, apalagi ketersediaan bahan ajar tematik di Indonesia masih sangat terbatas. Walaupun begitu, belajar tematik tetap menjadi pilihan yang menyenangkan, baik digunakan terus-menerus ataupun sekali-sekali untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan.

Para Pembaca Setia Seputar Pendidikan Kita.com dapat membaca selengkapnya : Kupas Tuntas Metode Pembelajaran "Homeschooling"


Comments
0 Comments

0 Komentar:

Posting Komentar

Leave A Reply

Copyright © 2012 Seputar Pendidikan Kita.com All Right Reserved
Designed by CBTblogger
http://www.freesearchenginesubmission.infocliquez pour infos